...

Kisah-Kisah Bijak Filosoup Aesop

Aesop diucapkan Æsop, dari bahasa Yunani dikenal karena cerita-cerita fabel yang dianggap berasal dari dia. Berbagai macam kumpulan fabel dari Aesop masih diajarkan sebagai pendidikan moral dan digunakan sebagai subyek dari berbagai macam hiburan, khususnya dalam drama anak-anak dan kartun. Kisah-kisah bijak Aesop, dongeng Yunani, yang hidup antara tahun 700- 600 SM sangat terkenal. Ketenarannya menyamai hikayai kililah wa dimnah dan seribu satu malam. Tidak mengherankan, apabila yang edisinya yang bahasa inggris degan judul aesop’s fables (cerita-cerita fadel jarya aesop)banyak di minati para pembaca. Ia kemudian diterjamahkan ke bahasa arab oleh Mustafa Al-Saqa dan Sa’id Jawdah Al-Sahhar dengan judul al-Qasas Al-Hakim Li Al-Faylasuf Isub (Kisah Bijak Karya Filosoup Aesoup). Selanjutnya ia diterbitkan oleh dar misr li al-tiba’ah pada 1948.


Aesop sendiri dikatakan mengarang banyak cerita fabel yang kemudian diceritakan turun-temurun dari mulut ke mulut. Socrates (salah satu pemikir di jaman kuno) diperkirakan menghabiskan waktunya saat di penjara dengan mengubah Aesop fabel ke dalam bentuk sajak. Banyak filsuf dan pemikir-pemikir di jaman setelah Aesop menyatukan kembali kumpulan cerita tersebut di tahun 300 sebelum masehi, yang kemudian di terjemahkan ulang ke bahasa latin sekitar tahun 25 sebelum masehi oleh filsuf lain. Cerita fabel dari kedua koleksi kemudian disatukan adn diterjemahkan ulang ke bahasa Yunani kembali sekitar tahun 230 setelah masehi, dengan beberapa tambahan cerita fabel yang dimasukkan dan kemudian di terjemahkan lagi ke bahasa Arab dan bahasa lain. Kumpulan cerita tersebut selanjutnya diperkaya dengan cerita-cerita tambahan dari kebudayaaan Arab dan lainnya.


Kehidupan Aesop sendiri kurang jelas. Dia diperkirakan hidup sebagai budak (pelayan) di Samos sekitar tahun 550 SM, dan asal tempat kelahirannya pun tidak jelas, walaupun banyak negara sekarang yang mengaku bahwa Aesop lahir di negara tersebut.


Sumber: http://www.ceritakecil.com/penulis-dan-pengarang-cerita/Aesop-3

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Kritik Dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan dari kawan-kawan..untuk itu silahkan komentar di bawag ini..

Jangan Lupa Kunjungi Di Bawah Ini

Follow

Komentar Terbaru

ASPIRASI © 2008 Template by Dicas Blogger Supplied by Best Blogger Templates

Back To Top