...

Singa dan Tikus

Pada saat seekor singa sedang terlelap tidur, tiba-tiba ia di kagetkan oleh seekor tikus yang melintas di depannya. Singa terbangun sambil marah-marah. Ia kemudian segera menangkap tikus dan hendak membunuhnya. Tikus lalu mengiba dan memohon kepada singa secara sungguh-sungguh. Ia berkata:”andaikata engkau membiarkan aku tetap hidup, maka percayalah bahwa sesungguhnya aku akan membalas kebaikan ini”.mendengar permohonan itu, singa tersenyum dengan sikap menghina, dan selanjutnya melepas tikus dari cengkraman.


Tidak seberapa lama, tatkala sedang berjalan-jalan, singa terperengkap dalam jebakan yang di pasang oleh para pemburu. Kemudian mereka mengikat singa dengan sangat kuat agar tidak dapat terlepas lagi. Singa meraung-raung dengan suara yang keras, sehingga seluruh hewan di hutan belantara mendengarnya.


Diantara hewan-hewan itu, terdapat tikus yang telah di bebaskan singa. Tikus dengan serta merta langsung berlari menuju kea rah singa yang sedang membutuhkan bantuan. Sesampai sisana, ia langsung melepaskan tali-tali yang menjerat singa-singa itu dengan gigi-gigi tajamnya.


Setelah singa terlepas dari jeratan, tikus berkata dengan singa: ”engkau dulu pernah menghinaku dan menyangka bahwa aku tidak dapat membantumu. Namun sekarang engkau telah mengetahui sendiri bahwa ternyata aku bisa melakukan kebaikan seperti yang telah engkau lakukan kepadaku. Engkau juga menyaksikan sendiri bahwa hewan kecil seperti aku ternyata dapat memberikan pertolongan kepada singa besar seperti dirimu”. Singa dan tikus kemudian menjalin persahabatan bersama.

  • Kita tidak boleh meremehkan dan menghina orang lain
Sumber: Kisah-Kisah Bijak Filisouf Aesop

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Kritik Dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan dari kawan-kawan..untuk itu silahkan komentar di bawag ini..

Jangan Lupa Kunjungi Di Bawah Ini

Follow

Komentar Terbaru

ASPIRASI © 2008 Template by Dicas Blogger Supplied by Best Blogger Templates

Back To Top