...

Cengkeh

Cengkeh dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Myrtaceae merupakan kelompok besar tumbuh-tumbuhan yang anggota-anggotanya banyak dikenal dan dimanfaatkan manusia. Di dalamnya termasuk sejumlah tanaman buah-buahan, tanaman hias, tanaman obat, serta tanaman industri.

Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Pohon cengkeh merupakan tanaman tahunan, karena bisa panen setelah jarak sekitar 1 tahun. Cengkeh tumbuh dengan tinggi 10-20 m, mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau, dan berwarna merah jika bunga sudah mekar. Cengkeh akan dipanen jika sudah mencapai panjang 1,5-2 cm.

Cengkeh dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan di Eropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkeh digunakan sebagai bahan rokok kretek. Cengkeh juga digunakan sebagai bahan dupa di Republik Rakyat Cina dan Jepang. Minyak cengkeh digunakan di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi.

Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan bau nafas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkeh yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkeh juga digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkeh dalam minyak mineral; "chōji" berarti cengkeh; "yu" berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.(wikipedia)

Di Indonesia misalnya di Ponorogo, ngrayun dan sekitarnya, cengkeh pada tahun 2009 berkisar mencapai Rp.60.000 - Rp 70.000 dalam keadan kering. Ini sangat mengugah semangat para petani cengkeh dengan harga yang sedemikian tinggi. Bayangkan saja satu pohon cengkeh kadang bisa menghasilkan jutaan rupiah. Apa lagi kalau memiliki banyak pohon cengkeh.

Perawatan pohon cengkeh pun tidak begitu sulit. Untuk menmbuat pertumbuha pohon cengkeh yang maksimal seharus nya penanaman cengkeh harus di perhatikan. kira kira 4-5 meter jarak antara pohon yang satu dengan pohon yang lain. Karena nanti setelah pohon cengkeh menjadi besar maka cengkeh akan tumbuh bebas tidak menggangu yang lain.

Pemupukan yang baik seharus nya di lakukan secara rutin setiap setelah panen. Kebanyakan pupuk yang cocok untuk cengkeh adalah pupuk kandang. Pupuk kandang ini bekerjanya tidak terlalu cepat, tidak seperti pupuk pabrik. Karena cengkeh yang setelah panen dalam kondisi pohon nya yang belum subur kalau di kasih pupuk yang keras akan mengalami rangsangan yang cepat akan merusak pertumbuha pohon cengkeh.

Sebelum di pupuk seharusnya lahan di sekitar pohon di cangkul dahulu untuk menciptakan hasil pemupukan yang lebih baik. Karena nanti setelah kehujanan pupuk akan bisa meresap ke penjuru akar-akarnya. Namun ketika pencangkulan jangan sampai kena pada akar-akarnya bahkan sampai banyak yang putus. Maka daun insyaallah akan subur buah cengkeh pun akan banyak. Itulah yang menjadi harapan para petani cengkeh.

7 Comentários:

Antonius Fernado, S.E. said...

pak tau pengepul besar cengkeh di sekitar jombang (bareng) maupun jawa timur, kudus (jateng) dan sekitarnya...

terima kasih

Antonius Fernado, S.E. said...

tolong di kasih tau alamat pengepul besar ya...
tolong infonya ke 08179988543
atau
antoniusfernadO@yahoo.com

terima kasih

abbe said...

untuk tahun ini harga kering brp bung?

abbe said...

untuk tahun ini harga kering brp bung?

abbe said...

untuk tahun ini harga kering brp bung?

abbe said...

di kawasan wonosalam bnyak pngepul besar bung..

Anonymous said...

makasih atas informasinya yang mengenai pemupukan ,,,,,,

Post a Comment

Kritik Dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan dari kawan-kawan..untuk itu silahkan komentar di bawag ini..

Jangan Lupa Kunjungi Di Bawah Ini

Follow

Komentar Terbaru

ASPIRASI © 2008 Template by Dicas Blogger Supplied by Best Blogger Templates

Back To Top