...

Kapita Selekta Hukum Islam (Fiqih Lingkungan)

Hukum dalam masyarakat manapun, dibuat dengan tujuan untuk mengatur dan mengendalikan lingkungan kehidupan dalam masyarakat. Ia merupakan sistem yang ditegakan untuk melindungungi hak individu maupun masyarakat secara luas. Di setiap tempat, sistem hukum tersebut memiliki sifat, karakter dan ruang lingkup sendiri. Dalam kaitan ini, Islam sebagai agama yang ajarannya universal, dalam arti mencangkup semua manusia di dunia dan juga memiliki sistem hukum sendiri yang dikenal dengan Fiqih.
Selama ini Fiqih dipahami sebagai bentuk kewajiban yang berhubungan dengan Allah (ibadah) dan kewajiban yang berhubungan dengan manusia dalam rangka menjamin ketertiban dalam masyarakat (muamalah). Disadari ataupun tidak, pemahaman umat Islam seperti ini telah meninggalkan salah satu aspek yang juga penting dalam rangka jaminan ketertiban dalam masyarakat, yaitu lingkungan. Oleh karena itu, Islam sebagai agama yang universal harus dipahami secara lebih luas, buhttp://www.blogger.com/img/blank.gifkan hanya hubungan manusia dengan Allah ataupun dengan sesama manusia, tetapi juga dengan alam.
Atas alasan tersebutlah kami sebagai pembuat makalah merasa perlu untuk melakukan pembahasan secara khusus mengenai fiqih lingkungan, dengan tujuan supaya kita memahami bahwa fiqih mampu tetap bersambung dengan realita masyarakat kontemporer yang semakin kompleks. Adapun sistematika penulisan adalah sebagai berikut:
A. Latar Belakang dan Pengertian Fiqh Lingkungan
B. Urgensi Fiqih Lingkungan
C. Rumusan dan Pengembangan Fiqih Lingkungan

Untuk lebih lengkapnya silahkan download dibawah ini
http://www.4shared.com/office/NglJK4e1/Fiqh_Lingkungan__Fiqh_Biah_.html

1 Comentário:

taruhan bola said...

Subhanallah gan ane baru tahu gan soal hukum fiqih seperti ini gan,, thank's ya gan infonya gan,,, ini bagus juga jika di terapkan di kehidupan sehari hari

Post a Comment

Kritik Dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan dari kawan-kawan..untuk itu silahkan komentar di bawag ini..

Jangan Lupa Kunjungi Di Bawah Ini

Follow

Komentar Terbaru

ASPIRASI © 2008 Template by Dicas Blogger Supplied by Best Blogger Templates

Back To Top